Senin, 10 November 2008

lebih mudah mengingat dengan soal cepat

Ini adalah pengalamanku selama kurang lebih 2 tahun saya mengajar mata pelajaran IPS, yang mana pelajaran ini termasuk pelajaran yang kurang disukai oleh anak-anak SD, karena begitu banyaknya materi yang harus dihafal dan kebanyakan anak-nak malas untuk membaca, padahal sebetulnya pelajaran IPS itu menjadi mudah ketika kita rajin membaca dan mengulang-ulangnya karena tidak butuh pemahaman yang detail seperti halnya pelajaran Math atau IPA. inilah diantara yang saya lakukan ketika saya mengajar IPS.

Pertama biasanya saya menjelaskan pelajaran dengan bercerita dengan mengurutkan tahun atau mngelompokkan sesuai dengan pokok bahasan. contoh, ketika saya mengajarkan tentang kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia maka saya akan memulainya dari kerajaan yang pertama kali ada di Indonesia kemudian kerajaan-kerajaan berikutnya. tapi jika hanya dengan cerita saja biasanya anak-anak mudah sekali lupa maka setelah itu biasanya saya lakukan langkah yang kedua, yaitu dengan memberikan soal secara cepat, dengan cara saya bacakan soalnya dan anak hanya menuliskan jawabannya dan jeda waktu antara satu soal ke soal yang lain hanya kurang lebih 5-10 detik, ini dilakukan untuk mengurangi kemungkinan anak mencontek temennya. jika ini dilakukan berulang-ulang maka anak-anak akan terbiasa dan ketika dilakukan lagi anak-anak sudah lebih siap. Atau anak-anak disuruh untuk membaca materinya terlebih dahulu kemudian kita berikan soal dari materi yang dibaca dengan cara membacakan soal dan anak-anak hanya menuliskan jawabanya saja.

Kelebihan dari cara ini, kita sebagai guru dapat mendeteksi satu per satu pemahaman anak dengan materi yang kita berikan, anak-anak lebih mudah mengingat dengan materi yang kita berikan, anak-anak lebih terpacu untuk membaca karena jika tidak membaca tidak akan dapat membaca.
inilah sedikit pengalaman saya ketika akau mengajarkan IPS, yang nilai akhir anak-anak pada waktu ujian tertinggi 9,4 dan terendah 6,2. terimakasih semoga bermanfaat.



Mas'ud

2 komentar:

Anonim mengatakan...

wah, mantab. ini bisa dikembangkan menjadi CAR dan menjadi original know-how knowledge of mas'ud. 100 untuk pak mas'ud. ditunggu tulisan lainnya.

Bundanya ZnZ mengatakan...

sejujurnya sih... selain tips & triknya yang sudah ditulis oleh pak Mas'ud, ada tuh yang membuat pembelajaran IPSnya berhasil.yah..ini sih hasil pengamatan saya dan saya sangat mengapresiasinya yaitu...pak Mas'ud tuh bisa sama 'gila' nya sama anak-anak didiknya.jadi anak-anak merasa nyaman karena merasa punya teman sebaya yang ok!. sukses pak !!